Ada Apa Dengan Pantai Tanjung Bayam

Assalamualaikum... #senyummanis

Tanjung Bayam adalah tempat rekreasi keluarga yang letaknya tepat di kota Makassar. dengan biaya yang sangat murah dengan Rp.5000 (mobil) dan Rp. 3000 (motor), kita sudah bisa menikmatinya.

Aku kesini bareng keluarga. ber-7... bisa dibilang nasib kita kurang beruntung. Persiapan yang matang buat ke pulau tapi malah nyangkut di pantai tanjung bayam karena hujan dan ombak jadi ya begitulah daripada gak jadi sama skali ya lebih baik "terpaksa" ke sini. kenapa aku bilang terpaksa.. ya tanya ken-napa... karena memang telah beredar isyu-isyu kalau tempat wisata pantai ini berbanding terbalik dengan tempat wisata pantai yang ada di kampung halamanku tercinta.

Pantai tanjung bayam... ya namanya Tanjung Bayam. (hmm... sebenarnya tulisan yang benar itu "Tanjung Bayang" tapi entahlah jika diucapkan selalu tanjung bayam, bahkan media-media pun menuliskan dengan nama tanjung bayam).

Gak ada tanjung, gak ada kebun bayam, bahkan kalo dilihat gak terlalu mirip tempat wisata pantai... ya PANTAI. Bukan maksud mencela tapi ini kenyataan kalau tempat wisata yang satu ini kurang mendapat perhatian. Atau mungkin beginilah defenisi yang namanya tanjung disini. Ini lebih mirip kampung pinggiran pantai. Bisa juga mirip pasar atau mungkin tempat penyewaan pondok, cuma bedanya pondok ini letaknya di atas pasir dan dipinggir laut. Gimana nggak, hampir semua tempat ini penuh dengan pondok  rumah panggung dan tenda-tenda  yang disewakan. Hampir gak ada kawasan yang pasirnya bisa dilihat. kecuali beberapa meter dari bibir pantai dan di gang-gang tenda.

Fasilitas-fasilitas yang ada. WC (lumayan bersih), Tenda (bale-bale), Pondok rumah panggung
Di pantai Tanjung Bayam ini semuanya ada. berbagai macam jualan.. mulai dari makanan sampai permainan anak-anak pun ada. memang gak salah lagi kalau disamain dengan pasar di dekat laut. sampah plastik yang berserakan dimana-mana, bahkan saat berenang pun kita bisa melihat dengan mata telanjang, kotoran manusia yang ikut-ikut berenang (aku ma sepupu ber-3 yang liat sendiri, dia begitu lincah mengayunkan tangannya... berenang bersama kami.hahahaa... ueeeekkk. sumpah lansung kabur dan gak mau turun lagi ke laut.).

"Papan Iklan".  
4 jenis permaian bisa ditambah dengan permainana sepak bola & Volly pantai. (itu juga kalau pengunjung gak sesak alias terlalu banyak)
Pengunjung ramai saat hari minggu.
Berbagai jenis jualan. jadi anda tidak perlu takut kelaparan kalau datang ke sini.
 
Berbagai jenis sampah terlihat dengan jelas
Sungguh berbeda 180 derajat dari tempat wisata pantai lainnya. ADA APA DENGAN PANTAI TANJUNG BAYAM... hanya ada kenangan yang kurang mengenakan dari tempat wisata itu!


7 komentar:

  1. Pariwisata alam Indonesia sudah tidak diragukan lagi tapi perawatan dan kurangnya pemerintah daerah memanfaatkan ini sebagai sumber pendapatan (pariwisata) jauh tidak memuaskan. berbeda dengan dimalaysia hampir semua pariwisata dimanfaatnkan semaksimal mungkin sehingga menarik minat pengunjung.

    BalasHapus
  2. ya inilah indonesia... banyak SDA tp tidak dimafaatkan semaksimal mungkin sm pemerintah. tempat2 wisata pantai justru lebih banyak dikelola sama pihak asing..

    BalasHapus
  3. caca kan suka bersih2 akuarium.. gimana kalo pantainye di bersihin ma caca, umpamin aaje akuarium... xixixiii

    BalasHapus
  4. sistaaa...di sana banyak yang jualan bayam gak? he,,he,, :-D

    BalasHapus
  5. @ Belo elbetawi : asal ada mpok yg ikut bersihin, aye iye iye aje. :p hahahaa

    @ Yenyen : sampahnya bayam... banyak. hohohoo

    BalasHapus