Masak Mania part 2

assalamualaikumm...

Sebenarnya kegiatan masak memasak itu kegiatan yang mengasikan loh... serrruuu... (apalagi kalo sampai ada yang hangus,hahaha) tapi mang bener juga sih kalo masak memasak itu perlu kemauan. aku mang sedikit bisa masak tapi gak terlalu hobi kayak sista aku. dapat resep baru langsung pengen dia coba, masakannya juga enak-enak. hasilnya gak pernah mengecewakan. 11 12 deh sista aku ma Farah quinn. (pasti megar idungnya nih kalo tau gue muji dia )

Kemarin aku masak lagi loh,hehe....
Masak menu-menu yang sederhana tapi nikmat buat perut anak kos,xixix...


Proses awal ^_^

Sambal tomat plus lalapan... yummiiiiiii ^_^

Tempe Goreng yang tersisa
(kebanyakan mencicipi masakan yang baru rampung)
Aku kasi tau nih persiapan memasak (ala cimot)
  • Pilih menu yang sederhana dan gampang mengolahnya, juga gak menghabiskan waktu lama untuk membuatnya. Kalau bisa juga sih makanan yang sangat kita sukai tapi juga gampang dalam pengolahan.
  • Boleh juga bertanya kepada mama atau siapa saja tentang resep masakan sehari-hari. Lebih mudah dan akurat, karena pastinya mama kita sudah sering mempraktekkan dan kita juga sudah sering mencicipinya. Tulis langkah-langkah pembuatannya di sebuah notes atau buku agar tidak mudah hilang. Jangan berusaha menghapal luar kepala, karena pasti akan mudah lupa. Apalagi untuk kita yang sama sekali buta tentang memasak :D
  • Pakailah celemek masak agar pakaian gak kotor. Saya paling stress tingkat tinggi kalau sudah menggoreng ikan. Minyaknya suka lompat kesana kemari dan saya jadi ikutan lari di tempat. Tapi lama kelamaan saya ngeh juga. Jadi saat kita akan mulai menggoreng, setelah minyaknya panas, kompornya dikecilin dulu, trus masukkan ikannya. Jadi percikan minyaknya agak slow motion, hehehe
  • Persiapkan seluruh bahan dan alat-alat memasak supaya proses memasaknya berjalan lancar. Gak asik kan pas lagi heboh hebohnya masak, ternyata ada alat memasak atau bahan yang belum lengkap.
  • Jangan malu bertanya tentang apa saja, bahkan untuk hal-hal yang sepele di dalam memasak. Misalnya tentang kegunaan bahan atau peralatan memasak.
  • Jangan terlalu banyak mencicipi masakan yang telah rampung sebagian tapi belum dihidangkan. Karena akan mengakibatkan orang lain tidak kebagian. Padahal kamu pasti pengen kan kalo masakan kamu dicicipi ama temen, orang tua atau saudara kamu.



4 komentar:

  1. Waaaahhhh...boleh juga resepnya bu ^__^
    maklum deh...diriku tipe orang yang takut masak, lebih suka memasuki makanan bunda ke perutku...xixixii (ketahuan deh kaga bise masak) :P

    BalasHapus
  2. hohoho... dicoba dong buw, yg mudah2 aja dulu.. itung2 blajar jd anggota DaPuR :-D

    BalasHapus
  3. poin terakhir: "Jangan terlalu banyak mencicipi masakan yang telah rampung sebagian tapi belum dihidangkan. Karena akan mengakibatkan orang lain tidak kebagian. Padahal kamu pasti pengen kan kalo masakan kamu dicicipi ama temen, orang tua atau saudara kamu." -> lucuuuu.. hehehe..
    bukan mencicipi klo begitu namanya, tp dimakan sendiri masakannya :)

    BalasHapus
  4. Iaa ya... hahahaa..
    makasi ya ^___^

    BalasHapus